Oct 05

Istilah software engineering, pertama kali digunakan pada akhir tahun 1950-an dan sekitar awal 1960-an. Pada tahun 1968, NATO menyelenggarakan konferensi tentang software engineering di di Garmisch,Jerman yang bertema “Mass Produced Software Components” dan kemudian dilanjutkan pada tahun 1969.yang bertema “Mass Produced Software Components”. Meski penggunaan kata software engineering masukan konferensi tersebut menimbulkan debat tajam tentang aspek engineering dari pengembangan perangkat lunak, banyak pihak yang menganggap konferensi tersebutlah yang menjadi awal tumbuhnya profesi Software Engineer. Konferensi ini merupakan cikal bakal lahirnya sebuah paradigma baru dalam hal rekayasa perangkat lunak sekaligus membuka kesempatan bisnis dengan omset jutaan dollar. pada konfrensi ini juga merupakan pembahasan masalah yang dimana istilah ” software crisis ” muncul.
Presentasi dan diskusi pada tahun 1968 Konferensi NATO berkisar lebih dari satu set topik. Sebagai contoh, perdebatan tentang apakah software harus terpisah dari hardware [1], Lain topik utama pembicaraan pada tahun 1968 adalah kualitas perangkat lunak. Llewelyn dan Wickens [9] terfokus pada masalah pengujian secara umum. Pinkerton [2,hal. 1] menunjukan pendekatan terhadap masalah pengujian kinerja. Ini dilengkapi dengan diskusi yang cukup sepanjang pertemuan peran pendekatan matematika lebih untuk penalaran tentang perangkat lunak untuk menjamin kebenaran dan kualitas lainnya. Namun topik diskusi yang lain adalah sifat desain, perannya dalam proses pengembangan perangkat lunak secara keseluruhan, dan kaitannya dengan coding

What is Software Crisis?
Krisis perangkat lunak adalah istilah yang digunakan pada zaman awal ilmu komputer Istilah ini digunakan untuk menggambarkan dampak kenaikan pesat dalam kemampuan komputer dan kompleksitas masalah yang dapat ditangani. Pada intinya, itu mengacu pada kesulitan penulisan yang tepat, program komputer dimengerti, dan dapat diverifikasi. Akar dari krisis perangkat lunak adalah kompleksitas, harapan, dan perubahan. Istilah “Software crisis” diciptakan oleh FL Bauer di Konferensi Rekayasa Perangkat Lunak NATO pertama di 1968 di Garmisch, Jerman(Novel Conference 1968). Sebuah awal penggunaan istilah ini pada tahun 1972 Kuliah Edsger Dijkstra ACM Turing Award.
Pada akhir 1960-an, biaya perangkat keras jatuh secara eksponensial, dan itu terus berlanjut, sedangkan biaya pengembangan perangkat lunak itu meningkatnya pada tingkat yang sama.
Software crisis graph
Sampai saat ini, sikap sebagian besar orang yang terlibat dalam industri komputer telah memperlakukan komputer seperti suatu industri keahlian
Dengan munculnya mainframe yang besar dan kuat yg bertujuan untuk umum(seperti IBM 360)sistem yang besar dan komplek menjadi mungkin. Orang-orang mulai bertanya mengapa proyek gagal, hilang saat over run dan sebagainya itu begitu lebih banyak dibandingkan dengan proyek-proyek besar lain dan, pada akhir tahun 1960 disiplin baru dari software engineering lahir. Sekarang, untuk pertama kalinya, penciptaan perangkat lunak dianggap sebagai suatu disiplin yang berdiri sendiri, tuntutan karena bnayak alasan dan pertimbangan sebagai perangkat keras yang sudah berjalan.
Sebagai program dan komputer menjadi bagian dari dunia bisnis, sehingga perkembangan mereka pindah dari dunia kerja kerajinan dipesan lebih dahulu dan menjadi usaha komersial; pembeli dari perangkat lunak yang semakin menuntut produk yang dibangun untuk kualitas tinggi, tepat waktu dan sesuai anggaran . Banyak sistem yang besar waktu itu dilihat sebagai kegagalan mutlak – baik mereka ditinggalkan, atau tidak memberikan salah satu manfaat yang diharapkan.
Sejumlah masalah mendasar dengan proses pengembangan perangkat lunak telah diidentifikasi:
Sering, perangkat lunak tidak pernah selesai, bahkan setelah investasi yang signifikan lebih lanjut telah dibuat. Jumlah pekerjaan yang terlibat dalam menghilangkan kekurangan dan bug dari perangkat lunak “selesai”, untuk membuatnya berguna, sering mengambil cukup banyak waktu – sering kali lebih dari apa yang telah dihabiskan di tulisan itu di tempat pertama. Fungsionalitas perangkat lunak jarang cocok dengan persyaratan dari pengguna akhir. Setelah dibuat, perangkat lunak hampir mustahil untuk mempertahankan; kemampuan pengembang untuk memahami apa yang mereka telah ditulis tampaknya berkurang dengan cepat dari waktu ke waktu.
Penyebab dari krisis perangkat lunak terkait dengan kompleksitas keseluruhan hardware dan proses pengembangan perangkat lunak. Krisis terwujud dalam beberapa cara:
• Proyek berjalan di atas anggaran Sering, perangkat lunak tidak pernah selesai, bahkan setelah investasi yang signifikan lebih lanjut telah dibuat.
• Proyek berjalan di atas waktu
• Software ini sangat tidak efisien.
• Perangkat lunak berkualitas rendah (Correctness, bugs, usability ) Komando Udara Strategis AS alert (9 November 1979) – waspada berebut dalam menanggapi laporan bahwa Uni Soviet telah melancarkan serangan rudal, akibat pertahanan rudal Patriot AS gagal mendeteksi rudal SCUD karena time error – 28 Amerika tewas sebagai akibatnya.
• Perangkat lunak sering tidak memenuhi persyaratan.
• Proyek tidak terkendali dan kode sulit untuk mempertahankan.
• Software tidak pernah disampaikan .

Source:
• http://www.apl.jhu.edu/Classes/Notes/Schappelle/704/SoftwareEngineeringOverview.PDF
• http://en.wikipedia.org/wiki/Software_engineering
• http://www.chris-kimble.com/Courses/World_Med_MBA/Software_Crisis.html
• [1] P Naur and B. Randell, eds, Software Engmeerrrzg, Report on a conference sponsored by the NATO SCIENCE
COMMITTEE, Garmisch, Germany, 7-11 October 1968. Scientific Affairs Division NATO, Brussels, Belgium.
E-Booknya di http://homepages.cs.ncl.ac.uk/brian.randell/NATO/nato1968.PDF.
• [2] T.B. Pinkerton, “Performance monitoring and systems evaluation”, in P. Naur and B. Randell, eds., Software
Engineering, Report on a conference sponsored by the NATO SCIENCE COMMITTEE, Garmisch, Germany, 7-1 1 October 1968. Scientific -airs Division NATO, Brussels, Belgium, pp. 200-204.
E-booknya: http://homepages.cs.ncl.ac.uk/brian.randell/NATO/nato1969.PDF

Leave a Reply