Dec 04

asd

Perkembangan dunia HTML yang telah sampai pada HTML 5 terus diikuti oleh beberapa developer kelas dunia, begitu juga dengan Google. Google yang terkenal dengan ide-ide cemerlang mereka, kembali memperkenalkan inovasi baru, yang mereka beri nama Google Wave. Dengan menggunakan HTML 5, mereka menyatukan beberapa feature-feature yang telah ada pada website mereka, seperti contohnya Google Mail dan Google Map.

Tentu Anda penasaran bukan dengan feature menarik apa saja yang ada pada website ini? Mari kita simak feature-feature yang telah ada pada Google Wave sampai saat ini:

Google Wave adalah sebuah produk yang membantu pengguna untuk berkomunikasi dan berkolaborasi di web. Wave adalah percakapan dan dokumen, di mana pengguna dapat berkomunikasi dan bekerja sama dengan teks berformat kaya, foto, video, peta, dan banyak lagi. Google Wave juga merupakan platform yang kaya dengan API terbuka yang memungkinkan pengembang untuk menanamkan wave dalam layanan Web lainnya dan untuk membangun ekstensi yang bekerja di Wave.

Pada sisi kiri terlihat Navigation yang terdiri dari Inbox, Setting, Trash dan beberapa komponen lainnya. Di bawah tabel Navigation terlihat layar Contact yang berisi nama-nama contact pengguna.

Dart wave

Saat pengguna meng-click Inbox, pengguna akan melihat tampilan seperti Google Mail. Namun, Google menambahkan beberapa feature baru yang menarik. Setiap message pada inbox tersebut akan berubah menjadi suatu thread. Setiap pengguna lain yang bergabung pada thread tersebut akan ditampilkan fotonya dan mereka boleh melakukan reply pada thread tersebut. Mereka dapat meninggalkan pesan di bawah reply yang sudah ada atau bila pengguna itu ingin me-reply pada bagian tertentu pesan mereka, mereka dapat langsung membalas langsung dibawah pesan tertentu tersebut. Si pemilik thread juga dapat mengundang pengguna lain untuk ikut berdiskusi dengan pengguna yang sudah ada di thread tersebut.

Pengguna juga dapat melakukan chat secara live di thread tersebut. Pada thread tersebut, pengguna dapat melakukan sharing gambar, video, dan juga menampilkan suatu peta kemudian menunjukkan jalur tercepat untuk menuju ke suatu tempat. Pengguna lain dapat mendiskusikan gambar atau video yang ada di thread tersebut. Google juga tidak melupakan unsur hiburan pada Wave, pengguna dapat beramain game secara teman lainnya melalui website ini.

Yang perlu menjadi catatan khusus, Google telah mengundang para developer dari seluruh dunia untuk mengembangkan website ini. Maka jangan heran apabila saat peluncuran website ini sudah tiba, akan ada banyak feature baru yang menarik. Google mentargetkan peluncurkan website ini pada pertengahan tahun 2009.

Sumber:http://www.planet-orange.org/google-wave/

3 Responses to “Google Wave”

  1. Tuan Llaneza Says:

    My cousin recommended this blog and she was totally right keep up the fantastic work!

  2. ant0ny.blog.binusian.org Says:

    I congratulate, it is simply magnificent idea

    Greetings from the Speedy DNS

  3. ant0ny.blog.binusian.org Says:

    In it something is. Many thanks for the help in this question. I did not know it.

Leave a Reply